Sabtu, 25 September 2010

Tidur Membantu ingatan

Tidur Membantu Ingatan

E-mail Print PDF
Bermimpi membantu untuk mempertahankan pikiran kita dan membantu kita melakukan lebih baik di masa depan

Hidayatullah.com--Bila Anda ingin mengingat sesuatu, mimpikan hal itu. Para peneliti menemukan bahwa tidur merupakan cara terbaik untuk mempertahankan ingatan.

Bermimpi membantu untuk mempertahankan pikiran kita dan memahami kejadian hari ini, para peneliti mengatakan, itu bisa membantu kita melakukan lebih baik di masa depan.

Daily Mail mewartakan, dalam tes para relawan ditunjukkan tiga kata-kata dan mereka diminta menemukan kata lain untuk menghubungkan semua kata itu. Misalnya kata-kata "cookie", "heart", dan "sixteen", jawabannya "sweet".

Setelah istirahat beberapa jam, mereka ditunjukkan lagi tiga kata-kata yang sama. Beberapa tidur dengan REM (Rapid Eye Movement) atau mata bergerak dengan cepat waktu bermimpi. Saat bermimpi merupakan saat yang paling giat. Relawan lainnya tidur tanpa REM, dan sisanya dalam masa tenang karena mereka tidak tidur.

Faktanya menurut pertemuan tahunan "American Psychological Society's", hanya mereka yang masuk kelompok tidur dengan REM melakukan lebih baik pada waktu kedua, hampir 40 persen dalam perbaikan.

"Ini membantu kita memahami lebih jauh mengenai keuntungan tidur dan membantu orang memaksimalkan jadwal tidur mereka untuk produktivitas optimal dan pengembalian ingatan," kata peneliti dokter Sara Mednick, dari Universitas California.

Awal minggu ini, ilmuwan menjelaskan kenapa beberapa orang bisa tidur dalam kondisi apapun, sementara yang lain bangun dari tidurnya karena ada suara.

Sekolah Kedokteran Harvard menemukan bahwa mereka yang memproduksi banyak ledakan di otak, dikenal sebagai gelombang, tidur paling nyenyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan sopan.